Pemkab Jombang Tandatangani Komitmen Pelaksanaan Masterplan Pembangunan Jombang Smart City

187d9ae4 F1d2 4a85 Aa9a 01e4ea169440

Pemerintah Kabupaten Jombang, dipimpin oleh Bupati Hj. Mundjidah Wahab bersama para Kepala OPD, pada Selasa (20/9/2022), di ruang Bung Tomo Kantor Pemkab Jombang menandatangani komitmen untuk melaksanakan Masterplan Pembangunan Jombang Smart City (2023-2032).

Penyusunan Masterplan Smart City Kabupaten Jombang ini merupakan bagian dari serangkaian program pendampingan yang diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sejak bulan Juni 2022.

Kabupaten Jombang terpilih sebagai salah satu dari 50 Kabupaten/Kota se Indonesia untuk difasilitasi dalam perencanaan dan implementasi Smart City tahun ini.

Program Nasional Gerakan Menuju Smart City ini selaras dengan arah kebijakan transformasi digital nasional, yang berfokus pada percepatan penyediaan infrastruktur digital, penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik, pengembangan talenta digital, serta percepatan perwujudan ekosistem ekonomi digital.

Selama empat bulan terakhir, perwakilan dari OPD serta perwakilan dari komunitas, forum masyarakat, pelaku usaha, BUMN, serta akademisi telah mengikuti rangkaian bimbingan teknis dan diskusi dalam menyusun berbagai program kerja inovatif dan rencana aksi smart city.

Baca Juga :  Bupati Nisbar, Sampaikan Proposal Ke Gubsu, Perhatian Serius Kondisi Jalan Provinsi di Nisbar

Tenaga Ahli Kementerian Kominfo sekaligus pembimbing Smart City Kabupaten Jombang, Hari Kusdaryanto, menegaskan, “Prakarsa smart city seyogyanya bisa meningkatkan kualitas layanan, menjawab permasalahan prioritas, serta meningkatkan daya saing daerah.”

Berbagai rencana program kerja yang tertulis dalam Masterplan akan dievaluasi oleh lintas Kementerian setiap tahun, baik dengan menanyakan langsung dampaknya kepada masyarakat penerima manfaat, maupun kepada tim pemerintah daerah sebagai pelaksana.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab dalam sambutannya berharap dengan adanya Masterplan ini implementasi program smart city bisa terarah dan secara kelembagaan jelas peran strategis dari masing masing pihak, sehingga mampu mempercepat pencapaian Visi bersama Mewujudkan Jombang Berkarakter dan Berdaya Saing.

Baca Juga :  Polsek Ujungpangkah Tumbuhkan Semangat Gotong Royong Ringankan Beban Masyarakat

“Alhamdulillah, selain menyusun lebih dari 30 inovasi smart city hingga jangka menengah dan jangka panjang, Kabupaten Jombang telah memilih 6 (enam) Inovasi Unggulan (Quick Wins) untuk tahun ini, diantaranya Layanan di sektor pemerintahan dan layanan publik bagi masyarakat, dimana harapan pemerintah Kabupaten dari 6 dimensi smart city bisa ditindaklanjuti oleh Kabupaten Jombang”, tutur Bupati Mundjidah Wahab.

Disampaikan Bupati Jombang bahwa Penandatanganan Komitmen adalah langkah awal untuk pelaksanaan kerja kolaboratif sesungguhnya di lapangan. Dukungan, konsistensi, dan partisipasi aktif lintas Perangkat Daerah, serta berbagai komponen masyarakat menjadi kunci keberhasilan Program Jombang Smart City.

Kabupaten Jombang sudah memiliki modal besar yang cukup untuk menyelenggarakan smart city berupa program quick win yang telah ditetapkan dan didukung dengan kebijakan daerah, kesiapan sumber daya manusia, kearifan lokal dan prasarana teknologi informasi dan komunikasi, tinggal perlu untuk terus ditingkatkan dan menguatkan komitmen bersama, tambahnya.

Baca Juga :  Mensejahterakan Masyarakat Lamongan. Calon Bupati Lamongan 2020 Ir. Suhandoyo menunjukan hasil panen bawang merah

“Saya minta kepada perangkat daerah yang membidangi untuk bersungguh-sungguh nantinya dalam melaksanakan implementasi program, dan berkomitmen untuk mendukung proses pengembangan jombang smart city yang efektif, efisien, inklusif, dan partisipatif”, pungkas Bupati Mundjidah Wahab.

Agenda Penandatanganan Komitmen Bersamaan Menuju Jombang Smart City dihadiri Wakil Bupati Kabupaten Jombang, Sumrambah, Direktur Layanan Aplikasi Informasi Pemerintah Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang diwakili oleh Muhamad Fahrurozi bersama tim tenaga ahli dan narasumber penyusunan masterplan kota cerdas (Smart City), Asisten, Staf Ahli, dan Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemkab Jombang; Perwakilan Akademisi, organisasi masyarakat, dunia usaha, dan tokoh masyarakat.(WAG)

Advertisement

Tinggalkan Balasan