Kapolda Jatim Lakukan Pantauan Udara Kondisi Semeru, Petakan dan Analisa Peringatan Awal Tim SAR Gabungan dan Masyarakat.

Img 20211210 Wa0099

Img 20211210 Wa0099

Img 20211210 Wa0099
LUMAJANGtarunanews.com, Berangkat dari Base Ops Lanudal Juanda Sidoarjo, Kapolda Jawa Timur. Irjen Pol Nico Afinta, didampingi Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim, Kamis (9/12/2021) siang, melakukan pantauan udara menggunakan Helikopter kondisi terkini Gunung Semeru. Pantauan ini sebagai analisa jalur turunan Lahar.

“Selain itu juga sebagai pemetaan batas zona aman di sekitar lereng Gunung Semeru. Rekomendasi penanda wilayah batas aman dan rawan, yang bertujuan membantu petugas dan masyarakat yang tergabung dalam Sar Gabungan Evakuasi,” jelas Irjen Nico Afinta, Kamis (9/12/2021).

Dalam pantauan udara, kapolda jatim menganalisa kawasan terdampak Awan Panas Guguran (APG) Erupsi Gunung Semeru. Kapolda memetakan jalur aliran Lahar yang berdekatan dengan permukiman warga.

Baca Juga :  Kapolda Jatim Hadiri Upacara Peringatan HUT UU Nomor 5 Tahun 1960 di Kantor Kanwil BPN Provinsi Jawa Timur.

“Akan kita buat Penanda, dimana penanda tersebut akan mempertegas zona atau jalur yang berpotensi memiliki tingkat kerawanan bencana erupsi,” lanjut dia.

Masih kata kapolda, penanda ini menjadi acuan peringatan dini kepada para petugas relawan hingga masyarakat yang tergabung dalam Sar Gabungan. Sebagai Satgas Penanggulangan Erupsi Gunung Semeru.

“Hasil Analisa ini akan dikoordinasikan dengan Stake Holder terkait, seperti Badan Vulkanologi, Basarnas dan BPBD serta Pemda dan Instansi terkait,” pungkas Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta. (BERTUS).

Advertisement

Tinggalkan Balasan