Nasdem Ucap Selamat Hari Pers Nasional, Untuk Pers Bisa Jadi Pilar Demokrasi

Img 20210209 Wa0016

Img 20210209 Wa0016

Img 20210209 Wa0016

SURABAYAtarunanews.com,  Sebagaimana diketahui setiap tahun setiap tanggal 9 Februari, begitupun 9 Februari 2021 ini, diperingati sebagai HUT Hari Pers Nasional dengan tema yang berganti-ganti tiap tahun, dengan harapan memang pers menjadi bagian penggerak. Kelahiran Hari Pers Nasional (HPN) tanggal 9 Februari itu ditetapkan dengan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 5 tahun 1985 yang dikeluarkan pada 23 Januari 1985. Dalam keputusan tersebut menyebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

Advertisement

Dalam sejumlah kesempatan kurang lebih sama pemahaman tersebut ada pada sosok Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Timur, Sri Sajekti ‘Jeannette’ Sudjunadi atau yang akrab disapa sebagai Bunda Jeannette/Bunda Janet (Kak Jeannette). Lebih-lebih Ketua Umum Partai Nasdem yang Bapak Restorasi Indonesia (BRI), Surya Paloh, sebagaimana diketahui merupakan salah satu tokoh pers nasional dan internasional. Tak mengherankan pada hampir setiap Pemilihan Umum (Pemilu), termasuk Pemilu April 2019 yang lalu, Nasdem pun dikenal sebagai partai politik yang paling peduli terhadap pers dengan paling banyak mengusung Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari kalangan jurnalis.

Baca Juga :  Koramil 0221/Kopo Kodim 0602/Serang, Semprotkan Bios-44 Di Lahan Jagung

Dalam sejumlah kesempatan Sri Sajekti Sudjunadi, orang dekat Surya Paloh ini pun tak lupa menyebut peranan pers yang sangat vital dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dalam kehidupan demokrasi dimana pers (media) merupakan bagian dari Empat Pilar Demokrasi bersama dengan Legislatif, Eksekutif dan Yudikatif. “Pers merupakan bagian dari Empat Pilar Demokrasi,” ungkap Bunda Jeanette seraya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, dengan harapan benar-benar bisa menjadi bagian Pilar Demokrasi.

Advertisement

Jadi, tidaklah mengherankan ketika Dewan Pers menetapkan Hari Pers Nasional dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibu kota provinsi se-Indonesia. Penyelenggaraannya pun dilaksanakan secara bersama antara komponen pers, masyarakat, dan pemerintah khususnya pemerintah daerah yang menjadi tempat penyelenggaraan. Landasan ideal HPN ialah sinergi. Sinergi antar komponen pers, antara komponen pers, masyarakat dan pemerintah.

Baca Juga :  Bupati Bogor Terima Kunjungan DPRD Propinsi Bahas Pemekaran Kabupaten Bogor Barat

Sejak penetapan Hari Pers Nasional, HPN, itupun diadakan peringatan tiap tahun dengan berganti tema. Untuk tahun 2021 ini puncak peringatan HPN itu dipusatkan di Provinsi DKI Jakarta dengan tema: “Bangkit Dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi Bersama Pers Sebagai Akselerator Perubahan.”

Advertisement

Dengan tema tersebut bahwa pers ditempatkan dan diharapkan pada peranan yang sangat strategis, peranan yang sangat penting, karena pemulihan ekonomi pasca pandemi juga diharapkan bahwa: “…Pemulihan Ekonomi Bersama Pers Sebagai Akselerator Perubahan.” Jika pers kompak gotong royong, tentu hal tersebut akan lebih mudah terwujud. Pendapat Anda? Sms atau WA kesini= 081216271926. (Siswahyu).

Advertisement

Tinggalkan Balasan