Kasus Pengusiran Cabup Yusuf Widyatmoko di RTH Genteng, Bawaslu Banyuwangi Klarifikasi 7 Orang

BANYUWANGI –tarunanews.com,Kasus pengusiran Cabup Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko, saat menghadiri pentas seni Hari Pahlawan di RTH Maron, Genteng, Selasa, 10 November 2020, terus berlanjut. Rabu (18/11/2020), Bawaslu Banyuwangi, mengundang 7 orang untuk diklarifikasi.

Advertisement

Para terundang adalah orang – orang yang diduga terkait dalam potongan beberapa video saat pembubaran acara pentas seni yang digelar Paguyuban Seniman Asli Banyuwangi (PSAB) di RTH Maron Genteng.

“Umpama hari ada yang tidak hadir tak masalah, besok akan kita undang untuk kedua kalinya. Kan proses klarifikasi ini bagian dari prosedur mekanisme penanganan pelanggaran di Bawaslu untuk memperjelas sebuah perkara yang masih belum jelas duduk perkaranya,” kata Koordinator Divisi Hukum Humas dan Data Informasi, Bawaslu Banyuwangi, Hasyim Wahid.

Advertisement

Sebelumnya, Bawaslu Banyuwangi juga mengundang 5 orang dari unsur Pengawas Kecamatan (Panwascam) Genteng. Mereka diklarifikasi bersama Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Mereka diundang untuk proses klarifikasi berdasarkan laporan dugaan pelanggaran hasil pengawasan yang tertuang dalam formulir A Panwascam Genteng.

Baca Juga :  John Kei Resmi Menjadi Anggota kehormatan LMPI

“Dalam laporan form A itu disebutkan terdapat dugaan pelanggaran pidana pemilihan. Karena di tingkat desa dan kecamatan tidak ada Gakkumdu, maka masalah ini langsung diambil alih Bawaslu Banyuwangi. Kami sudah melakukan pembahasan pertama Gakkumdu, sesudah klarifikasi maka akan dilakukan pembahasan kedua. Jadi Tahapannya masih panjang,” tambah Hasyim.

Advertisement

Disebutkan, proses klarifikasi memang dibutuhkan untuk memperkuat dan memperjelas apakah hasil pengawasan Panwascam Genteng memenuhi unsur Pidana atau tidak. Karena setelah pembahasan pertama akan digelar pembahasan kedua untuk menentukan pemenuhan unsur pidananya.

“Hasil pengawasan Panwascam genteng yang menyebutkan ada dugaan pelanggaran Pidana pemilihan sudah kita register, senin (16/11/2020) lalu. Setelah syarat formil dan materiilnya terpenuhi. Maka kewajiban kami di Bawaslu Kabupaten adalah menindaklanjutinya sesuai prosedur di Perbawaslu 8 tahun 2020 tentang penanganan Pelanggaran,” pungkas Hasyim.

Advertisement

Seperti diketahui, sebuah kegaduhan terjadi saat pelaksanaan pentas seni Hari Pahlawan yang digelar PSAB di RTH Maron, Genteng, Selasa, 10 November 2020 lalu. Pihak panitia, masyarakat marah lantaran Ketua Panwascam Genteng, Catur Mariyati, mengusir Cabup Banyuwangi Nomor Urut 1, Yusuf Widyatmoko dan Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto.

Baca Juga :  Sopir trek Modo gelar acara ngopi bareng bersama dulur dulur

Padahal, dari keterangan Michael, sesaat sebelum acara dimulai, dia ngopi bareng bersama petugas Panwascam Genteng. Tak jauh dari lokasi acara. Sempat bercanda dan bercengkerama, namun si petugas Panwascam Genteng, disebut tidak pernah menyampaikan teguran pada Michael jika dia dan Cabup Yusuf dilarang hadir dalam pentas seni.

Advertisement

Tahu – tahu, begitu acara dimulai, Ketua Panwascam Genteng, nyelonong naik panggung tanpa izin panitia dan mengusir Cabup Yusuf dan Michael. Tindakan tersebut dilakukan dihadapan khalayak ramai dan tanpa melibatkan petugas kepolisian atau pun Satpol PP.

Tak pelak, tindakan Ketua Panwascam Genteng, Catur Mariyati, langsung menuai protes keras. Insiden pentas seni Hari Pahlawan di RTH Maron, Genteng ini sempat diabadikan dalam rekaman video. Yang selanjutnya dijadikan bahan laporan pihak Panwascam Genteng ke Bawaslu Banyuwangi.

Advertisement

Disisi lain, potongan video kegaduhan disebar ke Grup Whatsaps wartawan oleh Komisioner Bawaslu, Adrian Yansen Pale atau yang akrab disapa Ansel. Dengan ditambah keterangan ‘Kekerasan terhadap pengawas dalam melaksanakan tugas’. Begitu keterangan video yang ditulis Ansel dibawah video yang di share di Grup WA wartawan. Padahal, saat video dibagikan, Komisioner Bawaslu Banyuwangi, diduga belum mengetahui pasti kronologi kejadian.

Baca Juga :  Pemdes Sumolawang Gelar Ujian Perangkat Desa

( Ags ww/ As)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *