Desa Kromong Gelar Sedekah Bumi Dengan Sederhana

Jombang, tarunanews.com – Meskipun dalam masa pandemi Covid -19, tetap menggelar kegiatan uri – uri budaya dan sedekah bumi. Namun kegiatan pada tahun ini digelar sangat sederhana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Salah satunya desa yang tetap menggelar sedekah bumi adalah, Desa Kromong, Kecamatan Ngusikan, Kabupaten Jombang, digelar pendopo balaidesa pada Kamis pagi (8/9/2020).

Advertisement

Acara sedekah desa juga dihadiri oleh Camat, Kapolsek, Danramil, serta tokoh masyarakat Desa Kromong

Kepala desa Kromong Hermawan kepada awak media mengatakan sedekah setiap tahun kita lakukan karena ini sudah menjadi adat istiadat masyarakat kromong, sedekah untuk tahun ini kita lakukan sangat sederhana, kita tempatkan dibalaidesa dan hanya melibatkan warga sekitar.

Advertisement

” kegiatan sedekah bumi tahun ini tetap digelar karena ini adat istiadat masyarakat Desa Kromong namun hanya sederhana. Kegiatan tasyakuran dipusatkan di Pendopo Kantor Desa Kromong, dengan hanya melibatkan warga sekitar ” ujarnya

Baca Juga :  Penyerahan Sertifikat PTSL Warga Desa Made Kecamatan Kudu

Untuk hiburan sementara ditiadakan karena dikhawatirkan akan mendatangkan kerumunan warga, sebelumnya setiap tahun menggelar tradisi sedekah bumi dengan hiburan Campursari

Advertisement

“Untuk hiburannya kita tiadakan mas, karena situasi masih pandemi. Jadi hanya kita gelar tasyakuran saja,” imbuhnya.

Perangkat Desa setempat menuturkan, Kegiatan sedekah bumi tetap digelar seperti tahun biasanya. Namun untuk tahun ini, setiap warga yang datang wajib mematuhi protokol kesehatan seperti, mencuci tangan, memakai masker, dan jaga jarak (physical Distencing) ” pungkasnya. (WAG)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *