Tradisi Bulan Suro, Nelayan Lampon Banyuwangi Gelar Petik Laut

BANYUWANGI,tarunanews.com – Menyambut perayaan tahun baru penanggalan Jawa, nelayan di kawasan pesisir Lampon, Kecamatan Pesanggaran menggelar tradisi petik laut, Kamis (20/8/2020). Tradisi ini digelar sebagai rasa syukur atas limpahan hasil laut para nelayan selama setahun.

Advertisement

Petik Laut ini adalah warisan leluhur yang disebut sebagai sedekah masyarakat terhadap laut yang selama satu tahun menjadi tempat mereka mengais rezeki. Setiap tahun para nelayan setempat melaksanakan acara adat Petik Laut.

Sama dengan perayaan tradisi petik laut lainnya, mereka melarung sesaji ke tengah laut menggunakan perahu. Sesaji yang dilarung nelayan diangkut dengan menggunakan perahu mini. Sesaji tersebut kepala sapi serta sejumlah hasil bumi dan laut.

Advertisement

Ketua panitia petik laut Marsudi mengatakan pihaknya telah merencanakan kegiatan ini selama satu bulan penuh, mengingat adanya pandemi corona. Panitia pun berupaya menerapkan protokol kesehatan ketat.

Baca Juga :  Walikota Surabaya Resmikan Box Culvert Manukan, Risma Ingin Meningkatkan Perekonomian Keluarga

“Semua yang terlibat ritual pasti memakai masker. Selain itu, penonton juga dibatasi,” kata Marsudi.

Advertisement

Selain larung sesaji, di lokasi tersebut juga diadakan selamatan dengan mengadakan wayang kulit. ’’Setelah pagelaran wayang kulit ini, kita langsung melarung sesaji,” ujarnya.

Marsudi menambahkan, tradisi ini di gelar untuk memohon kepada Tuhan agar para nelayan diberi keselamatan dan rezeki yang melimpah saat bekerja di laut.

Advertisement

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang turut hadir dalam acara tersebut mengapresiasi kegiatan petik laut lampon serta persiapan panitia penyelenggara yang mengadakan prosesi petik laut dengan protokol kesehatan.

“Setiap kegiatan keramaian maupun upacara keagaamaan harus tetap menggunakan protokol kesehatan, dengan tetap menggunakan masker, jaga jarak, dan sering cuci tangan,” kata Bupati Anas.

Advertisement

Pantai Lampon yang menjadi lokasi petik laut ini memiliki pemandangan yang cukup indah dengan banyaknya pohon kelapa di pesisir pantainya.

Baca Juga :  Wahyudi, Putra Desa Yang Siap Maju Di Pilkades Ngajah

Reporter:(an(ags)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *