Pemkab Jombang Sinergi Dengan Kodim 0814 dan Polres, Gelar Apel Pelaksanaan Inpres No. 6 Tahun 2020

Apel Pelaksanaan Inpres No. 6 Tahun 2020 di Makodim 0814 Jombang / doc : Iatimewa

Jombang, tarunanews.com – Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab memimpin apel pencanangan pelaksanaan Intruksi Presiden Nomor 6 tahun 2020, di Lapangan Makodim/0814 Jombang, Senin (24/8/2020) pagi.

Apel diikuti pasukan Gabungan dari Anggota Kodim 0814/Jombang, Polres Jombang, Dishub Dan Satpol PP Jombang serta perwakilan dari Ormas. Saat memimpin Apel Ini Bupati di dampingi Dandim 0814/Jombang Letkol Inf Triyono Dan Kabagops Polres Jombang Kompol Syamsul Mu’arif.

Advertisement

Apel ini dilaksanakan adalah sebagai tindak lanjut dari Inpres No 6 tahun 2020 yang telah diterbitkan Presiden RI Joko Widodo. Seperti diketahui Presiden Joko Widodo pada 04 agustus 2020 mengeluarkan Intruksi Presiden Nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian corona virus disease 2019 (Covid-19).

Inpres ini diterbitkan untuk menjamin kepastian hukum, memperkuat upaya dan meningkatkan efektivitas pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Advertisement

Saat memimpin Apel, Bupati Jombang mengatakan bahwa selama ini Pemkab Jombang belum berani tegas karena belum ada payung hukum. Karena itu Inpres ini akan membuat pemkab percaya diri dalam penegakkan hukum.

Baca Juga :  Halo Mojokerto

“Dengan adanya Inpres ini, kita bisa persuasif dengan kampanye menggunakan masker besar-besaran. TNI dan POLRI juga akan ikut menegakkan aturan di lapangan, dan Pemkab Jombang juga akan merumuskan sanksi sesuai kearifan lokal dan berpedoman mengacu pada payung hukum inpres nomor 6 tahun 2020,”tandas Bupati.

Advertisement

Bupati Jombang melanjutkan bahwa sebetulnya pengetahuan masyarakat terkait covid-19 sudah sangat tinggi namun untuk tingkat kesadaran dan kepatuhan masyarakat pada aturan protokol kesehatan covid-19, masih kurang .

“Ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua, untuk membangun kesadaran kolektif dalam upaya memutus mata rantai penularan corona di tengah masyarakat, dengan cara sosialisasi penggunaan masker, cuci tangan serta jaga jarak untuk perubahan perilaku baru masa pandemi covid-19,”ujar Bupati.

Advertisement

Oleh sebab itu, Bupati menegaskan terkait protokol kesehatan, Pemkab Jombang akan merubah perbup nomor 34 tahun 2020 tentang pengendalian pandemi virus covid 19,dengan menyesuaikan inpres no 6 tahun 2020. “Dan ini masih dalam proses terkait regulasi sebagai tindak lanjut Inpres nomor 6 tahun 2020, yang telah dikeluarkan Presiden Jokowi,” terang Bupati.

Baca Juga :  Ditpolairud Polda Sulteng dan BKSDA Himbau Warga Terhadap Bahaya Buaya di Teluk Palu

Bupati berharap adanya sinergitas antara Pemkab Jombang, Kodim 0814/Jombang, Polres Jombang serta seluruh masyarakat dan stake holder lainnya untuk bersama melawan wabah ini.

Advertisement

“Kita harus menang melawan wabah ini, jangan lelah, jangan bosan, jangan jenuh kita harus bersama kuat dalam memerangi wabah covid 19 ini, insyallah semua akan beransur normal kembali asalkan kita laksanakan tugas ini bersama dengan tulus dan ikhlas,”tutup Bupati.

Pada Apel ini, Bupati Jombang, Dandim Dan Kabagops melakukan pemasangan rompi dan ban lengan penanganan Covid secara bersama sama.

Advertisement

Terpisah, Dandim 0814 Jombang, Letkol. Inf. Triyono juga mengatakan. Harapannya dengan apel ini, kita sinergikan semua eleman yang ada di Kabupaten Jombang, agar bisa efisien dan efektif dalam upaya memutus penyebaran Covid 19.

Baca Juga :  Dua Rumah di lalap si jago merah Akibat Arus Pendek Listrik

“Kita dua minggu yg lalu sudah melakukan langkah kepada masyrakat, ada 37 titik spot, tempat wisata, ibadah dan tempat-tempat masyarakat ramai, untuk terus melakukan edukasi tentang protokol kesehatan dengan benar” Ucap Dandim.

Advertisement

Masih keterangan Letkol. Inf. Triyono, setiap Babinsa semua kita intruksikan membawa tas yang seragam, isi perlengkapan alat ibadah alat makan masker dan alat penunjang sebagai upaya pemahaman masyarakat ikuti protokol kesehatan.

“Harapannya selalu mengajak masyarakat untuk ikuti protokol kesehatan, dari rangsel yang sudah disediakan, didalamnya ada masker, untuk dibagi kepada masyarakat, ketika didapatin tidak memakai masker” tutupnya (WAG)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *