Tahun 2020, Program Pamsimas di Jombang Sebanyak 17 Titik

JOMBANG, tarunanews.co. – Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Kabupaten Jombang di tahun 2020 sebanyak 17 titik.

17 titik tersebut tersebar di beberapa wilayah Kabupaten Jombang yang disinyalir membutuhkan sumber air bersih.

Kepala Bidang Prasarana Sarana dan Utilitas Umum (PSUU) Dinas Perkim Jombang, Joko Murcoyo menjelaskan, dari 17 titik program Pamsimas yang ada di Kabupaten Jombang ini, sebanyak 12 titik dari APBN dan 5 titik dari APBD.

“Istilahnya dana Sharing, perbandingannya ketika APBN 4, APBDnya 1” Ucap Joko.

Lebih detail Joko menambahkan, bahwa yang memakai APBD adalah Desa Bareng, Desa Gongseng Kecamatan Megaluh, Desa Grobokan Kecamatan Mojowarno dan Desa Sumberjo Wonosalam.

Baca Juga :  LAPGIAT PENERIMAAN PERSONIL PURNA TUGAS DARI SATUAN BKO KODIM PERSIAPAN DI WILAYAH INDONESIA BAGIAN TIMUR GELOMBANG I TA 2019 KODIM 0812/LAMONGAN

Sedangkan, yang dari APBN, yakni Desa Bakalan Rayung Kecamatan Kudu, Desa Jipurapah Kecamatan Plandaan, Desa Karanglo Kecamatan Mojowarno, Desa Manunggal Kecamatan Ngusikan, Desa Pojokkulon Kecamatan Kesamben, Desa Jombok Kecamatan Kesamben, Desa Rejoslamet Kecamafan Mojowarno, Desa Kedungpapar Kecamatan Sumobito dan Desa Turipinggir Kecamatan Megaluh.

Masih keterangan Joko, bahwa program Pamsimas ini full swaklola, dilakukan swadaya oleh masyarakat dari Desa.

“Pelaksanaannya swaklola, dari masyarakat, namun sudah disiapkan tenaga ahli dari Provinsi” tambahnya.

Joko juga memaparkan, bahwa proses realisasi anggaran dilakukan bertahap tiga termin, pihak Perkim hanya memfasilitasi dalam hal administratif.

“Hibah ini berupa uang, rekeningnya ada di BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah) Kabupaten Jombang, Perkim hanya memfasilitasi, membantu dalam hal administratif saja” tutupnya. (WAG)

Tinggalkan Balasan