PUPR Jombang Pupuk SDM Petani Dalam Rawat Insfratuktur Pertanian

Jombang, tarunanews.com – Dalam upaya optimalkan kinerja dan fungsi irigasi, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Jombang menggelar pembinaan dan evaluasi pimpinan kemantren se Kabupaten Jombang dalam rangka pembinaan dan pemberdayaan HIPPA/GHIPPA Kabupaten Jombang tahun 2020.

Pengelolaan irigasi merupakan salah satu pendukung sektor utama bagi keberhasilan petani, khususnya dalam hal meningkatkan produksi pangan. Sumber daya manusia yang terampil dan kompeten sangatlah diperlukan, oleh karenanya kegiatan penbinaan dan evaluasi ini dilakukan.

Hal itu didisampaikan oleh Kepala Dinas PUPR Jombang, Miftakhul Ulum kepada media tarunanews.com Kamis (30/7/2020).

Menurut Ulum, berbicara tentang kesejahteraan petani dalam hal meningkatkan produksi pangan tentu tidak bisa hanya vokus pada titik pembangunan fisik saja, melainkan memupuk kemampuan SDM juga sangat diperlukan.

Baca Juga :  Bupati Nias Barat Bersama Sekda Buka Secara Resmi Musrenbang RKPD Kec. Mandrehe Utara Ta. 2022.

“Kita tidak bisa fokus pada perangkat keras saja, seperti pembangunan irigasi, dam, bendungan dan lainnya, melainkan kita harus memperhatikan SDM dalam lekukan managemen, peliharaan dan managerial” tambahnya.

Masih keterangan Kadis PUPR Jombang, ada 5 pilar modernisasi irigasi, yakni keandalan suplai air, managemen air, keamdalan jaringan irigasi, kelembagaan dan sumber daya manusia,.

“oleh karenanya pembinaan kepada yang bersangkutan sangat perlu untuk dilakukan” imbuhnya.

Dalam kegiatan pembinaan ini, ujar Ulum, pesertanya terdiri dari pengamat, juru, PPA yang melakukan survey.

“Semoga dengan kegiatan ini, pertanian di Jombang bisa unggul petani juga sejahtera” tutupnya. (WAG)

Tinggalkan Balasan