PT. SGS Dianggap Kurang Transparan, Puluhan Buruh di Jombang Luruk Kantor Disnaker dan BLK

JOMBANG, tarunanews.com – Puluhan buruh di Jombang lakukan aksi turun jalan, menuntut pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) pada 32 Karyawan PT. SGS yang sampai saat ini belum juga diberikan dan perusahaan dianggap kurang transparan.

Buruh yang terakomodir dalam organisasi Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) ini, menyampaikan aspirasi, mewakili buruh yang lain menuntut keadilan dari hak-hak buruh di perusahaan terkait.

Kordinator Aksi, Sutrisno, mengatakan, ada 32 buruh yang sampai saat ini belum menerima THR. Namun berdasarkan data yang ia himpun, Sutrisno mengaku ada 42 buruh yang belum menerima hak THR.

“32 orang buruh, yang belum menerima penbayaran THR, dengan besaran Rp. 2.665.000,-. Tapi sesuai data kami, ada 42 buruh yang belum dibayar THRnya” Ucap Sutrisno, saat diwawancarai media, Kamis (9/7/2020).

Baca Juga :  Libur Natal dan Tahun Baru, Proyek Cor Jalan Nasional Babat - Lamongan Dihentikan dan Dijamin Aman

Sutrisno menilai pihak PT. SGS tidak transparan kepada para buruh, dalam hal aturan pembayaran THR dimasa pandemi Covid 19.

“Jikalau perusahaan tidak mampu memenuhi hak buruh, ya harus dibuktikan dengan keuangan internal secara transparan, melalui organisasi serikat buruh yang ada di perusahaan” imbuhnya.

Aksi penuntutan hak buruh ini, papar Sutrisno, penyampaian aspirasi dilakukan di dua tempat, setelah berorasi di depan halaman Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) Kabupaten Jombang, dilanjutkan penyampaian aspirasi dengan orasi Kantor Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Jombang.

Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Syarat Kerja Disnaker Kabupaten Jombang, Rika Paur Fibriamayusi mengaku akan menindaklanjuti aksi yang dilakukan para buruh, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan perusahaan yang dimaksud.

Baca Juga :  Antisipasi Longsor, Inilah Kontribusi Pemkab Jombang Melalui BPBD

“Akan kita tindaklanjuti, kami mohon waktu, akan melakukan koordinasi dengan perusahaan” tandasnya. (WAG)

Tinggalkan Balasan