Data Penerima BLT DD Tahap IV Sampai VI Bisa Dirubah Oleh Pemdes

Jombang, tarunanews.com – Data penerima Bantuan Sosial (Bansos) yang bersumber dari Dana Desa bagi masyarakat terdampak Covid 19 di Kabupaten Jombang bisa dirubah perubahan data penerima manfaat itu, dengan cara Pemerintah Desa melakukan Musyawarah Desa (Musdes) khusus.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Sholahudin saat dikonfirmasi diruangannya, Senin (20/7/2020) pagi.

Lanjut dia, hal itu tentu berdasar pada kondisi masyarakat penerima bantuan, namun, menurut Sholahudin, idealnya data mulai awal sampai akhir itu sama.

“Idealnya data yang ada dari awal sampai akhir itu sama, namun karena suatu hal, maka bisa dirubah, disesuaikan dengan kondisi masyarakat Desa” Tukasnya.

Masih keterangan Kepala DPMD Jombang, perubahan data dengan sistematika Musdes khusus ini, Ucap Sholahudin, tetap dilakukan verifikasi dan validasi.

Baca Juga :  Polres Serang Kota beserta Unsur Terkait Laksanakan Apel Pengamanan Ops Lilin Kalimaya 2020

“Nanti itu ada verifikasi faktual, Desa melakukan mutaakhir data, menyetorkan data, dilakukan verifikasi mana yang ganda, kelayakan penerimah dan lainnya, arahnya seperti itu” Ujarnya.

Sholahudin juga menjelaskan, di tahap IV sampai dengan tahap VI ini tidak lagi memakai prosentase dari Dana Desa, karena prosentase hanya ada di tahap tiga bulan pertama.

“Untuk prosentase maksimal keuangan yang dipakai BLT DD, dengan adanya penambahan ini, otomatis uang itu kan sudah habis, prosentase hanya ada di tahap tiga bulan pertama” tutupnya. (WAG)

Tinggalkan Balasan