Damkar Satpol PP Lumajang Berhasil Jinakkan Tawon Ganas

LUMAIANG – tarunanews , Selasa ( 3 /12/2019) , Tim Damkar Satpol PP Kabupaten Lumajang berhasil menjinakkan lebah (tawon) ganas yang membahayakan warga dan pengguna jalan di RW 16 RW 01 Dusun Sumbermulyo, Desa Senduro Kecamatan Senduro, Selasa (03/12/2019) malam.

Tawon (lebah) hutan jenis “gung” tersebut bisa mematikan. Sejumlah o6 personel Damkar Satpol PP Kabupaten Lumajang, diturunkan dengan menggunakan 1 unit mobil Pemadam Kebakaran.

Penanganan tawon hutan itu, berlangsung selama sekitar 2 jam, mulai pukul 21.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB.

Karena dikhawatirkan sarang lebah mengganggu warga sekitar. Petugas standby di lokasi sampai kondisi gangguan sarang lebah hilang.

Kepala Bidang (Kabid)Perlindungan Masyarakat (Linmas) pada Satpol PP Kab.Lumajang, Nanang Bashori, S.AP menjelaskan, bahwa sarang lebah tersebut cukup meresahkan masyarakat. Dijelaskan, Ini merupakan salah satu tugas Damkar merujuk dari kegiatan Damkar yang ada di Kabupaten atau kota lain.

Baca Juga :  Mas Kelana Aprilianto Ganteng Dan Mbak Dwi Astutik Cantik, Berkelas, Mendaftar Di Pilbup Sidoarjo Diiringi PDIP, PAN, Hanura, PKPI, Gelora, PBB, Partai Berkarya

Ketika ada laporan warga tentang adanya gangguan lebah, maka petugas kebakaran langsung tanggap memberikan pertolongan dan pelayanan terhadap masyarakat .

Komandan Regu Damkar yang menangani gangguan sarang lebah, Supriyo mengatakan gangguan sarang lebah di Desa Senduro itu akibat mengumpulnya (koloni) sekawanan lebah di atas pohon besar pinggir jalan raya, yang di bawahnya terdapat rumah penduduk.

Penanganan lebah itu, terpaksa dengan cara dibakar, kemudian dilakukan penyemprotan agar lebah berpindah lokasi ke tempat lain.

Petugas bekerjasama dengan warga dan aparat Desa setempat dalam penanganan gangguan sarang lebah.

Salah satu warga yang mengetahui kejadian tersebuty, Sopyan menyatakan lebah tersebut sudah 5 hari bersarang di pohon itu, karena jenis lebahnya termasuk jenis tawon madu besar yang membahayakan. Maka warga menghubungi petugas agar dilakukan penganan segera.

Baca Juga :  Sukses, Workshop Jurnalistik Pra UKW DPP MOI

Dari pemantauan petugas kebakaran di lapangan, diketahui kerugian materil maupun jiwa tidak ada.

Petugas Pemadam kebakaran yang menangani gangguan sarang lebah, dilengkapi dengan 1 unit mobil beserta kelengkapannya. (Sdk ).

Tinggalkan Balasan