Sutrisno Cabup Atau Cawabup, Artis Krisdayanti PDIP Dan Jajuk Nasdem, Bisa Bermusuhan

(Foto Jajuk, Sutrisno, dan artis Krisdayanti)

Advertisement

MALANG – tarunanews.com, Pemilihan Bupati Malang memang masih sekitar satu tahun lagi, tepatnya 23 September 2020, tidak hanya partai-partai politik akan tetapi juga Ormas-Ormas besar seperti NU (Nahdlatul Ulama), HMPI (Himpunan Masyarakat Peduli Indonesia) Provinsi Jawa Timur yang dipimpin Sutrisno S.Sos yang berjejaring Tommy Soeharto, dan lain-lain, seperti didorong oleh masyarakat untuk memunculkan jago-jagonya entah sebagai Calon Bupati atau Calon Wakil Bupati. Hal tersebut merupakan hal yang wajar dalam era demokrasi sekarang ini, ibaratnya di antaranya karena rakyat pun ikut semacam ‘bereksperimen’ untuk menentukan para pemimpinnya pada masa depan agar lebih baik dibandingkan masa lalu. Hal tersebut kurang-lebih diungkapkan Imam Supardi pemerhati masalah sosial-politik Jawa Timur, kemarin.

Menurut Imam Supardi di antara alasan masyarakat selama ini di antaranya adalah, karena mereka dilibatkan untuk menentukan, namun tak jarang pula merasa kurang puas terhadap jago-jagonya pasca terpilih pada masa lalu. Sehingga mereka juga berusaha mencari-cari jago-jago yang dianggap baru dalam dunia politik. Di antaranya jika melalui partai politik adalah Jajuk Nasdem yang isteri Rendra Kresna mantan Bupati Malang, lalu artis Krisdayanti, yang bisa saja jika sama-sama terusung maka akan saling bermusuhan dengan Sutrisno ketua umum ormas HMPI Jawa Timur yang didorong sebagai Cabup atau minimal Cawabup, lalu Heri Cahyono untuk Cabup jalur independen/perseorangan untuk Pilbup Malang 2020.

Advertisement

“Seperti Jajuk yang terpilih sebagai anggota DPRD Jatim itu, bagi sebagian masyarakat Malang itu dianggap sebagai politisi yang relatif baru. Sehingga meskipun dia isteri Rendra Kresna mantan Bupati Malang yang pernah jadi Ketua Nasdem Jatim, namun perspektif masyarakat relatif masih bisa menerimanya karena dianggap relatif baru. Dan untuk rekomendasi di Nasdem bisa saja tiba-tiba terjadi kejutan dengan merekomendasikan Jajuk,” ungkap Imam Supardi.

Baca Juga :  IMM , mendesak agar pemerintah pusat  turut andil memperbaiki sistem di BPJS

Hal tersebut pada kesempatan terpisah menjadi pandangan yang kurang lebih sama dari Siswahyu Kurniawan penulis buku biografi berbagai tokoh nasional termasuk buku Bung Karno Dan Pak Harto. Bahkan berdasar pengamatannya, sebagian masyarakat mendukung meskipun tak jarang yang secara diam-diam. Begitupun harapan masyarakat terhadap artis Krisdayanti anggota DPR RI PDIP 2019-2024 yang dinilai sebagai politisi baru. Bahkan ada dari sejumlah Perguruan Tinggi Negeri Malang yang memprediksi Krisdayanti akan tiba-tiba direkomendasikan DPP PDIP, meskipun juga peluang besar Sri Untari sekretaris DPD PDIP Jatim yang anggota DPRD Jatim.

Advertisement

Menurut Imam Supardi harapan masyarakat terhadap kalangan politisi yang dianggap masih relatif baru seperti Jajuk Nasdem dan Krisdayanti PDIP itu memang cukup besar, namun harapan yang jauh lebih besar adalah terhadap kalangan yang lebih baru seperti Sutrisno S.Sos dan Heri Cahyono. “Masyarakat memiliki kerinduan tersendiri dan berbeda terhadap para tokoh yang didorong maju Cabup, Cawabup, melalui jalur perorangan seperti Heri Cahyono dan Sutrisno, yang diusulkan oleh masyarakat dengan jargon HERO Malang alias Heri – Trisno Malang,” ungkap Imam Supardi.

Baca Juga :  369 Kades Terpilih Dilantik, Kades Karangsambigalih Siap Menjalankan Program Pembangunan Lamongan

Sekadar catatan berdasarkan sumber yang enggan disebutkan namanya, sempat pula terjadi pertemuan awal partai-partai politik non-parlemen yang terdiri dari PKPI, Perindo, PSI, Partai Berkarya, PKS, PAN dan PBB. Secara formal memang belum ada keputusan, namun di luar agenda rapat, ada yang mengusulkan agar ikut mengusung dari calon independen untuk menampung aspirasi masyarakat terhadap Heri Cahyono – Sutrisno untuk jadi HERO Malang alias Heri – Trisno Malang. Meskipun hal tersebut merupakan tahap awal yang memerlukan pertemuan tindak lanjut, akan tetapi jauh sebelum itu Heri Cahyono sudah deklarasi sebagai Cabup Malang 2020 dari jalur independen/perorangan.

Advertisement

Sementara telah banyak Cabup Malang 2020 yang mendaftar melalui partai politik yang memiliki jumlah kursi relatif besar di DPRD Kabupaten Malang. Misal yang melalui Nasdem Malang, ada nama Umar Usman (dokter/ Ketua PCNU Kab. Malang); M. Geng Wahyudi (Penasehat Nasdem Jatim); Jufri Muhammad Adi (advokat/Dewan Penasehat Peradi Malang); Mochamad Fadjar (Tenaga Ahli Manajemen Propinsi Jatim dan konsultan infrastruktur pembangunan dan tata kota di Jawa Timur); dan Ahmad Faiz WildanDirut PD Jasa Yasa yang juga sekretaris DPD KNPI Kabupaten Malang.

Baca Juga :  Pilkades Desa Besowo Kec,Kepung.Kab-Kediri Berlangsung Aman.

Kemudian yang mendaftar Cabup Malang 2020 ke PDIP, lebih banya lagi, delapan plus satu, Sri Untari yang juga sekretaris DPD PDIP Jatim. Yang lainnya adalah Umar Usman (dokter/Direktur RSUD Kota Malang/ Ketua PCNU Kab. Malang): Didik Budi Muljono (Sekda Kab. Malang); Hasan Abadi (Rektor Universitas Islam Raden Rahmat Malang / UNIRA); Wibi Dwi (Pengusaha); Wahyu Eko S (Pengusaha); Hendik Arso (Kepala Desa sekaligus Kader Internal PDIP); Juma’ali (Wakil Ketua Lesbumi PBNU); Diki Sulaiman (Ketua Kadin Kota Malang).

Advertisement

Kemudian yang mendaftar Cabup Malang via PKB Malang juga cukup banyak. Ada nama dr Umar Usman (dokter/ Direktur RSUD Kota Malang/ Ketua PCNU Kab. Malang); M. Sanusi Bupati Malang kini); Hasan Abadi (Rektor Universitas Islam Raden Rahmat Malang/ UNIRA); Kholik (Wakil Ketua DPRD Kab. Malang); dan Ali Ahmad
(Ketua DPC PKB Kab.

Sedangkan yang dijagokan Gerindra Kabupaten Malang ada dua yaitu Moreno Suprapto (anggota DPR RI/ cucu Bupati Malang III, Raden Tumenggung Ario Notodiningrat) dan Chusni Mubarok (Ketua DPC Gerindra Kab. Malang) meskipun telah lebih mengerucut kepada Moreno Suprapto. Seperti dari Golkar, yang untuk Cabup Malang telah lebih mengerucut pada satu nama yaitu Saidi ketua DPD Golkar Kabupaten Malang yang juga anggota DPRD Jatim komisi A. Pendapat Anda? Sms atau WA kesini= 081216271926. (Sis).

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *