Terpilih Jadi Ketua DKKM Mojokerto, Mulyadi Banteng Siap Kolaborasi

MOJOKERTO – Tarunanews,.com  Ucapan selamat, datang dari berbagai pihak atas terpilihnya Mulyadi ‘Banteng’ yang juga PNS sebagai Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Mojokerto (DKKM) periode 2019-2024. Pemilihan berlangsung dalam Musda IV DKKM yang dilaksanakan kemarin, 21-22 November 2019, di Hotel Grand Whiz Trawas Jalan Raya Trawas, Desa Belik, Jibru – Belik, Kecamatan Trawas, Mojokerto.

 

Ucapan selamat untuk Mulyadi yang terpilih sebagai Ketum DKK itu, juga datang dari R.Tri Harsono Forum Peduli Indonesia – Seni Budaya (FPI-SB) Jawa Timur. Meskipun R.Tri Harsono juga mengingatkan Mulyadi agar instropeksi terhadap periode-periode kepengurusan DKKM sebelum ini, yang menurut pengamatan R.Tri Harsono adalah sangat minim inovasi dan cenderung terjebak pada sejumlah ‘genre’ seni tertentu saja. Sehingga terlalu banyak yang tidak terwujud apa yang diharapkan oleh para pelaku seni dan budaya di Kabupaten Mojokerto.

Baca Juga :  Direktur RSUD Dr.Soegiri Lamongan Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 2020

Masih menurut R.Tri Harsono, di Kabupaten Mojokerto dunia seni-budaya masih terlalu banyak diintervensi kalangan birokrasi, termasuk apa-apa saja yang harusnya menjadi wilayah DKKM. “Sudah bukan rahasia lagi, birokrasi tidak hanya terlalu intervensi soal seni dan budaya, akan tetapi juga dalam bidang lain, seperti didekte, namun tidak menunjukkan kemajuan yang jelas,” ungkap R.Tri Harsono yang menyebut DKKM harusnya diberi otoritas yang sewajarnya.

Mengenai hal tersebut menurut info R.Tri Harsono, sebenarnya banyak kalangan seni – budaya yang kecewa namun tidak terungkap ke permukaan. Termasuk kurangnya kalangan LSM seni-budaya yang dilibatkan. “Ke depan dibawah kepemimpinan Mulyadi, saya rasa perlu optimis bahwa Mulyadi selaku Ketum DKKM bisa merangkul semaksimal mungkin kalangan pelaku seni dan budaya,” tambah R.Tri Harsono, seraya menyebut apalagi tahun 2019 – 2020 merupakan tahun politik dengan adanya Pilbup Mojokerto.

Baca Juga :  Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah PJ.Kades Se Kecamatan Bluluk Berjalan Lancar

Dikonfirmasi terpisah mengenai progran ke depan, Mulyadi Banteng selaku Ketua DKKM yang baru yang juga Ketua ABPEDNAS (Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional ) ini, memiliki gambaran langkah yang sebagian sama dengan yang diharapkan R.Tri Harsono, meskipun susunan kepengurusan DKKM selengkapnya masih dalam proses. Di antara yang diinginkan Mulyadi Bantengan adalah menghidupkan masing-masing biro yang ada. Sekaligus menggulirkan pertemuan rutin yang sangat penting untuk brain-storming. “Di antara program ke depan adalah menghidupkan biro-biro yang ada, dan kita adakan pertemuan rutin,” ungkap Mulyadi Banteng kepada Siswahyu Kurniawan.

Tentu hal tersebut jika dijalankan, maka secara bertahap akan bisa memenuhi harapan para pelaku seni dan budaya. Semoga. Pendapat Anda? Sms atau WA kesini= 081216271926. (Sis).

Tinggalkan Balasan