PT KAI Babat Adakan Pengobatan Gratis.

Lamongan-tarunanews.com, PT KAI Daop 8 Surabaya akan Menyelenggarakan pengobatan gratis dengan Menggunakan kereta kesehatan yang diberi nama “rail clinic” generasi ke-4, di Stasiun Babat, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Menurut Suprapto, Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Mengatakan, Pemeriksaan kesehatan gratis di Stasiun Babat ini dimulai dari pukul 08:00 – 14:00 WIB, Kamis (7/11/2019).

 

“Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan pengobatan gratis dengan sarana rail clinic bisa langsung datang ke Stasiun Babat, dan langsung mendaftar. Peserta pengobatan gratis ini, kita batasi 300 orang,”ujar Suprapto, Rabu (6/11/2019).

 

Suprapto membeberkan, dalam pengobatan gratis ini, fasilitas kesehatan yang diberikan mulai dari jenis pelayanan kesehatan primer atau tingkat pertama yaitu pemeriksaan umum, gigi, kesehatan ibu dan anak, mata, laboratorium sederhana (gula darah, asam urat, dan kolesterol).PT KAI Daop 8 Surabaya akan melibatkan 17 orang tenaga medis kesehatan,” katanya.

Baca Juga :  Bikin kecewa, satelit Starlink milik Elon Musk mengganggu keindahan komet Neowise

 

Tak hanya pengobatan gratis, PT KAI Daop 8 juga memberikan kacamata gratis untuk 66 siswa yang sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan mata.Kami juga memberikan peralatan olahraga,” ucap Suprapto.

 

Disamping pengobatan gratis, PT KAI juga akan memberikan pembinaan dan sosialisasi (binsos) terkait kesehatan, keselamatan, dan keamanan perjalanan kereta api oleh petugas dari Unit Kesehatan dan Unit Pengamanan.dan Semoga kegiatan ini, bisa memberikan banyak manfaat bagi mereka yang membutuhkan,”ucapnya.

 

Untuk diketahui, rail clinic merupakan sarana kereta kesehatan yang berasal dari modifikasi atau retrofit kereta diesel. Rail clinic pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 lalu, sekaligus dianugerahi rekor MURI sebagai kereta kesehatan pertama di Indonesia.

Baca Juga :  Wali Kota Probolinggo Sidak ke Titik Titik Penjualan Hewan Kurban

 

“Pembuatan rail clinic ini dilatarbelakangi oleh semangat PT KAI untuk memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia khususnya di bidang kesehatan dengan memanfaatkan jalur KA, sehingga dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan bermotor,” tutur Suprapto

 

 

Menurutnya, rail clinic hadir untuk memberikan bantuan kesehatan gratis kepada masyarakat yang sulit menjangkau fasilitas pelayanan kesehatan. “Rail clinic generasi 4 ini ada dua gerbong layanan kesehatan dan dua gerbong lainnya di fungsikan sebagai kereta penyuluhan dan kereta perpustakaan,” katanya.

 

Lebih lanjut Suprapto Menjelaskan, di rail clinic generasi 4 ini PT KAI juga Mengoperasikan rail library atau kereta pustaka.Rail library ini dirangkaikan dengan rail clinic generasi ke-4 yang di dalamnya menyediakan ratusan buku bacaan.

Baca Juga :  Dua pengedar berhasil ditangkap Anggota Sat Reskoba Polres Lamongan

 

Rail library juga dilengkapi pula dengan fasilitas e-library atau perpustakaan elektronik berupa 6 buah monitor layar sentuh dengan database berbagai Bacaan, video edukatif, dan lagu anak-anak yang terkoneksi dengan lnternet.

 

“Dan bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang hadir pada saat itu,” ujar Suprapto seraya berharap, hadirnya rail clinic di Stasiun Babat, Lamongan, bisa menumbuhkan jalinan silahturahmi dengan transportasi kereta api, dan partisipasi masyarakat terhadap keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api khususnya warga di sekitar jalur kereta api,” pungkasnya.

(Ags)

 

Tinggalkan Balasan