Pendidikan Kewarnegaraan ( Civil Education)

Penulis : Dr. Baso Madiong, SH.,MH.
Dr. Zainuddin Mustapa , Drs, S.Pi, M.Si, M.H.
Andi Gunawan Ratu Chakti, S.e, M.Si.
Penerbit : Celebes Media Perkasa
Halaman : 297 halaman
Harga : Rp. 40.000,00
Pencetak : Celebes Media Perkasa

Pendidikan kewarnegaraan merupakan studi yang diperlukan oleh seorang pelajar untuk mengetahui keberagaman suku bangsa yang ada di Indonesia. Pendidikan kewarnegaraan adalah bentuk pendidikan yang diperuntukan bagi generasi penerus bangsa untuk mengetahui sejarah bangsa dan juga berfikir mengenai hak dan kewajibannya dalam bermasyarakat.
Buku Pendidikan Kewarnegaraan (Civil Education) ini menjelaskan tentang hak dan kewajiban warga Negara dalam bermasyarakat. Warga negara merupakan kelompok yang mendiami suatu wilayah tertentu atau suatu negara dan secara hukum negara telah ditetapkan sebagai warga negara. Dalam berwarga negara, masyarakat memiliki hak yang patut di penuhi yakni. Hak untuk berpendapat, hak untuk bermasyarakat, hak untuk kebebasan, dll.
Indonesia sendiri menjadi negara kesatuan dengan pancasila sebagai lambang negara dan setiap warga negara harus patuh pada pancasila. Pancasila mengatur semua kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara. Salah satu point yang ada dalam pancasila adalah pentingnya demokrasi. Demokrasi adalah bentuk pemerintahan yang dimana masyarakatnya bebas berpendapat dan juga bebas dalam pengambilan keputusan. Asas demokrasi sangan pantas apabila diterapkan dalam Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa. Buku ini juga membahas tentang negara dan konstitusi yang mana pembaca dapat mengetahui asal berdirinya negara, tujuan negara, sifat dan juga fungsi negara. Semua pengetahuan tentang negara yang dituliskan dalam buku ini membawa para pembaca menuju rasa Bela Negara dan membuat pembaca semakin mengetahui karakter suatu negara.
Pembaca buku ini akan mendapatkan banyak informasi dan juga pengethuan tentang negara melalui membaca dan buku ini juga dijual dengn harga yang sangat murah dengan nominal Rp. 40.000,00 per buku. Harga yang sangat murah apabila dibandingkan dengan kualitas pembelajaran yang didapat dari buku pendidikan kewarganegaraan ini.
Dalam buku Pendidikan kewarganegaraan untuk perguruan tinggi ini terdapat beberapa point yang dapat menjadi keunggulan dari buku ini, yakni pemilihan bahasa dan penyusunan kalimat sangat mudah dipahami dengan mudah bagi pembaca dan juga detail per sub bab nya sangat rinci sehingga dapat membantu pembaca untuk memahami isi buku pendidikan kewarganegaraan ini
Namun dalam buku ini juga terdapat kekurangan yakni jumlah halaman yang cukup banyak dan juga terdapat beberapa aspek yang kurang diperjelas dengan contoh kasus atau kajian untuk lebih memudahkan pembaca.

Baca Juga :  Kapolres Gresik Hadiri Silahrurahmi Forkopimda Bersama Siswa Osis SMA-SMK

Tinggalkan Balasan