Kepala Desa Maron Kidul Berinisiatif untuk mempotensikan Bendungan Sungai Pekalen untuk dijadikan obyek Wisata

Probolinggo-tarunanew.com,_Kepala Desa Maron Kidul Berinisiatif untuk mempotensikan Bendungan Sungai Pekalen untuk dijadikan obyek Wisata Baru di Desa Maron Kidul Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur.19/11/2019

Informasi didapat, Bendungan tersebut sudah di bangun sejak Pada Tahun 1880 tertera masih nampak dengan jelas tulisan dalam Bahasa ITALIA pada Dinding Tembok “ANNO 1880” intinya kurang dari 65 Tahun sebelum Proklamasi kemerdekaan Indonesia Di cetuskan Tembok tersebut sudah berdiri kokoh. Sebelumnya, Bendungan tersebut sempat di fungsikan sebagai penggerak kincir air untuk menghasilkan Enegi Listrik atau masa itu.

Setelah lama bangunan Bersejarah peninggalan Bangsa Eropa tersebut tidak di perhatikan, akhirnya melalui kepala Desa Maron Kidul “Ridwan” munculah ide untuk mempotensikan bangunan Tersebut untuk dijadikan obyek wisata baru di samping melestarikan bangunan bersejarah, untuk selanjutnya di kelola oleh Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa.

Baca Juga :  PENYEMPROTAN DISINFEKTAN DAN PEMBAGIAN MASKER KEPADA MASYARAKAT KAMPUNG MALAWEI SEKITAR KEDIAMAN DANREM 181/PVT

Meskipun bangunan tersebut masih terlihat kokoh namun dari beberapa sisi bangunan masih membutuhkan perawatan untuk peremajaan di karenakan sudah ada beberapa sisi bagian kerusakan yang diduga karena faktor usia Bangunan.

Kepala desa Maron Kidul Ridwan Mengatakan, ” bendungan ini akan kita rawat untuk selanjutnya kita kelola sebagai sarana tempat pariwisata baru di desa kami, memang, untuk menjadikan peninggalan sejarah atau banguanan Tua ini sebagai tempat pariwisata mungkin masih membutuhkan biaya yang cukup besar “, tandasnya.

Lengkapnya Ridwan mengatakan, nanti tempat peninggalan sejarah ini akan kita revitalisasi dengan menambahkan beberapa sarana sesuai dengan obyek, tempat ini akan kita jadikan wisata pemandian dan sekaligus Water boom, jadi kami masih membutuhkan perlengkapan sebagaimana pada umumnya, namun dengan tidak menghilangkan kesan ke aslian bangunan tersebut.

Baca Juga :  Jelang pertandingan Persela vs arema aparat gabungan menjaga keamanan.

Adapun kalau untuk modal atau Dana kemungkinan kami akan menganggarkannya melalui Dana Desa Melalui Usaha milik desa, dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan meningkatkan Pendapatan Desa kami dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

(Fzn)

edtr:Adr/red

Tinggalkan Balasan