Di Sela ‘Ribut’ Soal Komisaris Pertamina, Di Antara Konstituen PDIP Jatim Usulkan Suhari S.Pd Komisaris BUMN

( Foto Harris Turino, Suhari S.Pd, dan Tony Wardoyo )

SURABAYA – tarunanews.com, Di antara Harris Turino Kurniawan, Suhari S.Pd, Tony Wardoyo, jalan menuju diangkatnya Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok untuk mengisi posisi Komisaris Utama BUMN PT Pertamina sempat menuai pro dan kontra, bahkan media sosial ikut meramaikan dengan perdebatan yang keras antara yang setuju versus yang tidak setuju. Ketika Ahok telah positif akan memegang posisi Komut Pertamina itupun, perdebatan masih saja berjalan panjang, hal yang wajar saja dalam era demokrasi.

Sementara telah menjadi kewajaran bahwa orang-orang dekat Presiden dan lingkungannya dari waktu ke waktu, serta dari kalangan partai pengusung termasuk PDIP dalam era Presiden Joko Widodo adalah hal lumrah jika orang-orang dekat tersebut mendapatkan ‘jatah’ komisaris di berbagai perusahaan BUMN, apalagi jika dalam koridor untuk ikut memikirkan kemajuan BUMN untuk kesejahteraan rakyat. Hal tersebut kurang lebih juga disampaikan Imam Supardi pemerhati masalah-masalah sosial. Namun Imam Supardi memiliki pandangan yang menarik, bahwa untuk lebih ‘memeratakan’ peta pengawasan, maka perlu kader-kader partai penguasa janganlah hanya masuk di BUMN yang besar, namun yang tak kalah penting adalah anak-anak usaha dari BUMN-BUMN yang jumlahnya cukup banyak.

Baca Juga :  PDIP Surabaya Tuding KPU Tak Terbuka, Dengan Tunda Tes Balon Machfud Arifin - Mujiaman

Hal tersebut menurut Imam Supardi penting memberikan kesempatan yang lebih merata kepada para kader hingga level daerah. “Jabatan komisaris anak-anak usaha BUMN-BUMN bisa juga diisi oleh kader-kader partai di daerah namun dengan semangat memeratakan kesempatan mengasah kemampuan pengawasan bisnis perusahaan plat merah,” ungkap Imam Supardi.

Semangat tersebut bak gayung bersambut karena tak jarang kader partai penguasa yang cukup potensial. Tak mengherankan di antara konstituen PDIP di Jawa Timur pun diam-diam ada yang mengusulkan sejumlah nama termasuk Suhari S.Pd yang pada Pemilu April 2019 lalu merupakan Caleg DPR RI dari PDIP untuk Dapil Bojonegoro-Tuban. Suhari S.Pd dinilai layak menjadi komisaris salah satu anak usaha BUMN. Suhari S.Pd dikenal sebagai salah satu pengusaha yang memahami perdagangan rakyat kecil, karena banyak bergelut pada bisnis pembangunan pasar beserta pengelolaannya, dimana pasar-pasar tersebut menjadi pusat perdagangan rakyat kecil termasuk distributor maupun PKL seperti yang ada di Pasar Krian Baru di Krian Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Baca Juga :  Bupati Jombang : Terimakasih dan Apresiasi atas Kontribusi BRI

Sedangkan di PDIP pusat terdapat tokoh-tokoh seperti Harris Turino Kurniawan yang layak membidangi kelompoj BUMN Keuangan Dan Koperasi, kemudian juga ada Tony Wardoyo yang layak membidangi kelompok BUMN Energi, Lingkungan Hidup, Pertambangan Dan Pupuk. Menurut Siswahyu Kurniawan penulis buku Bung Karno Dan Pak Harto, banyak tokoh PDIP yang layak termasuk yang di daerah-daerah seperti Suhari S.Pd. “Tinggal bagaimana strategi penempatannya,” ungkap Siswahyu seraya mengungkap sejumlah nama dibawah naungan BUMN yang ada di Jawa Timur seperti misal PT Rajawali Citramass dan PT PG Candi Baru di Candi Sidoarjo. Pendapat Anda? Sms atau WA kesini= 081216271926.

Tinggalkan Balasan