Peduli ODGJ, Pemdes Mlaten Study Banding Ke Desa Wonorejo, Kec.Singosari, Malang

MALANG – tarunanews.com, Penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) membutuhkan perhatian khusus. Upaya itu telah diwujudkan Desa Mlaten, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto dengan melakukan kunjungan kerja study banding ke Desa.Wonorejo  ,Kec.Singosari  Kabupaten Malang  yang akan dibuat bahan pertimbangan membentuk Posyandu ODGJ Desa Mlaten.

 

Posyandu ODGJ Desa Mlaten ini menjadi prioritas.

Menurut Dwi Siswarini, mendesaknya pembentukan Posyandu ODGJ Desa Mlaten bermula dari banyaknya permasalahan pihak keluarga tidak peduli dengan kondisi keluarganya yang mangalami gangguan jiwa.
Padahal eks penderita setelah dipulangkan dari rumah sakit jiwa masih perlu mendapatkan perawatan lebih lanjut supaya gangguan kejiwaannya tidak kambuh lagi.

 

Untuk perawatan penderita, Posyandu ODGJ Desa Mlaten telah berkerja sama dengan dokter dan perawat puskesmas serta memiliki kader kesehatan.

Baca Juga :  Presiden Luncurkan Bantuan Subsidi Gaji Pekerja

Sementara pasien gangguan jiwa yang ditangani ada yang mengalami gangguan kejiwaan sejak kecil, faktor ekonomi, mental lemah dan pernah putus cinta.

Keberadaan Posyandu ODGJ Desa Mlaten ini sangat urgen untuk melengkapi aktivistas Posyandu Balita dan Posyandu Lansia yang telah ada di Desa Mlaten, jelas Dwi Siswarini, Kades Mlaten. Dalam kunjungan kerja kali ini Pemdes Mlaten bersama kader, dokter puskesmas, BPD ,PKK dan didampingi Camat Puri, Nalurita P, SSTP, M.Med.Kom. (mid)

Tinggalkan Balasan