Satpol PP Provinsi Jatim bersama ESDM dan POLDA Jatim Tinjau Kembali lokasi Pertambangan

Probolinggo-tarunanews.com,Bertahun-tahun beroperasi pertambangan galian-C yang diduga ilegal kembali di tinjau oleh Satuan POLISI PAMONG PRAJA Provinsi Jawa Timur yang terletak diwilayah tengah kabupaten Probolinggo yang berlokasi di Desa Bulujaran Kidul Dan Bulujaran Lor wilayah kecamatan Tegalsiwalan


Bersama Perwakilan Polda Jatim, ESDM dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur yang juga didampingi oleh Kasat Reskrim Polres Kabupaten Probolinggo langkahkan kaki ke sejumlah titik Pertambangan Galian-C yang Berlokasi di area Lereng Gunung Geni.

Menurut perwakilan dari ESDM "Wiwid" pertambangan Galian-C yang terletak di wilayah tengah Kabupaten Probolinggo tersebut, bukan menghasilkan pertambangan jenis Pasir melainkan Trass, dan meskipun akan dilakukan pengerukan hinga mencapai kedalaman puluhan meter lagi tidak akan mencapai dasar tanah melainkan bebatuan keras endapan Lava.

Baca Juga :  Pengumuman Lelang TKD Desa Mlaten, Kec.Puri

Tras adalah batuan gunung api yang telah mengalami perubahan komposisi kimia yang disebabkan oleh pelapukan dan pengaruh kondisi air bawah tanah. Dan jenis material pertambangan ini adalah bahan utama untuk pembuatan produksi kaca dan semen.

Kasatpol PP Provinsi Jawa Timur (Budi Santosa) mengatakan. Probolinggo khususnya wilayah Tegalsiwalan yang tidak termasuk pada zona area pertambangan, maka pihaknya akan melakukan pengkajian untuk mengambil langkah selanjutanya sesuai dengan apa yang telah ia ketahui di lapangan bersama Perwakilan Dari POLDA JATIM.

Menanggapi hal tersebut probolinggo Samsi Ketua LSM GRIB yang pada saat itu juga bersama-sama kelokasi pertambangan mengatakan, memang sebelum melakukan penutupan pendekatan persuasif kepada masyarakat sekitar itu perlu untuk dilakukan. Namun tidak Harus membiarkan, apapun alasannya tanpa adanya Kontribusi yang jelas baik pada pemerintah daerah dan Negara. memang di satu sisi, itu mencakup kebutuhan atau ketergantungan dari sekian orang, namun bukan berarti kontribusi perpajakan Untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) harus di kesampingkan. Katanya.

Kehadiran Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Timur ke lokasi Pertambangan galian-C di tegalsiwalan di ketahui sudah yang ke-3 (tiga) kalinya pasca memberikan sosialisi terkait pertambangan di pendopo kecamatan Kraksaan. (Zan)

Baca Juga :  Nyadran Dusun.Jetis Kec.Kedung preng Kab.Lamongan.

edtr:adr/red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *