Rebutan Tumpeng Labuh Bumi Di Bantaran Sungai Brantas, Panggung Ambruk 2 Penonton Terluka

 

Kediri – tarunanews.com,Acara Labuh Bumi yang berlangsung di Taman Brantas, Kota Kediri diwarnai insiden panggung roboh. Musibah ini mengakibatkan dua penonton yang terluka dibawa ke rumah sakit, Minggu (28/7/2019).

Advertisement


Kegiatan yang disaksikan ribuan pengunjung ini terjadi saat acara memperebutkan tumpeng yang menjadi acara inti prosesi Labuh Bumi di bantaran Sungai Brantas.

Tumpeng yang mestinya dibawa turun untuk dibagikan kepada masyarakat malah dibawa ke panggung. Sehingga massa ikut merangsek naik ke atas panggung untuk berebut tumpeng.
Akibatnya, kapasitas panggung tidak mampu menahan beban massa yang naik ke panggung. Sehingga tiang besi penahan panggung ikut ambruk. Termasuk papan kayu yang menjadi alas panggung ukuran 5 x 5 meter berserakan.

Advertisement

Panggung sewaan yang disiapkan Panitia tidak memenuhi Standart Panggung Hiburan. Ini mengakibat 2 korban luka – luka dan segera dilarikan ke rumah sakit.

Baca Juga :  Tasyakuran Perumahan Pt Ana Jaya Makmur.

Sebagian penonton yang berada di atas panggung dengan alas karpet merah terjatuh. Ada dua penonton perempuan yang terluka di bagian pinggang dan paha akibat insiden panggung roboh.
Pasca insiden panggung roboh acara tetap dilanjutkan dengan pertunjukan kesenian jaranan Joko Mbalelo. Ribuan penonton menyaksikan di sekeliling panggung serta dari atas trotoar Jembatan Brawijaya.

Advertisement

Acara Labuh Bumi ini juga diperebutkan gunungan berisi hasil bumi, buah-buahan dan sayuran yang menjadi rebutan ribuan masyarakat. Satu kepala sapi dan bebek juga dihanyutkan ke aliran Sungai Brantas.
Sementara Drs Nur Muhyar, Kadisbudparpora Kota Kediri saat dikonfirmasi Surya usai acara Labuh Bumi menjelaskan, insiden panggung roboh merupakan kesalahan dari pihak panitia.
Karena panggung tidak mampu menahan beban massa yang merangsek naik ke atas panggung. Akibatnya, panggung roboh karena tiang besi penahannya patah.

Baca Juga :  Ada Perbaikan Jalan, Jalur Utama Alternatif Babat-Surabaya Macet.

Nur Muhyar menyebutkan, dua penonton yang terluka akibat insiden panggung roboh sudah dibawa ke rumah sakit.
“Untuk identitasnya kami masih belum mencatatnya. Namun sudah kami perintahkan segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan,” jelasnya.

Advertisement

Sementara acara keseluruhan Labuh Bumi berjalan lancar. Petugas BPBD Kota Kediri bersama Tim SAR telah siaga mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan

Red/adr

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *