Bupati Hadiri Panen Raya Jagung Hibrida Di Desa Sendang agung Kec. Paciran, Lamongan

LAMONGAN – tarunanews.com,Senin tanggal 08 Juli 2019 Pukul 08.50 s.d 10.15 WIB, bertempat di Desa Sendangagung Kec. Paciran Kab. Lamongan telah dilaksanakan Panen Raya Jagung jenis Hibrida dalam rangka mendukung program pengembangan kawasan jagung modern di Kab. Lamongan Tahun 2019 oleh H. Fadeli, SH,l., MM (Bupati Kab. Lamongan).

Adapun Hadir dalam kegiatan, sbb :
H. Fadeli, SH., MM (Bupati Lamongan),Dr. Yuhronur Efendi, MBA (Sekda Kab. Lamongan),Rudjito (Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kab. Lamongan),Prof Kholil (Pembimbing Pertanian Jagung Kab. Lamongan).Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kab. Lamongan.Muspika Kec. Paciran dan
petani Jagung Desa Sendangagung.

Adapun Rangkaian kegiatan, sbb :
Pukul 08.50 WIB H. Fadeli, SH., MM (Bupati Kab. Lamongan) beserta rombongan tiba di lokasi panen raya jagung Desa Sendangagung Kec. Paciran selanjutnya melaksanakan panen raya jagung hibrida.

Pukul 09.05 WIB, Laporan Rudjito (Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kab. Lamongan) yang intinya sbb :
a. Saat ini kepala UPT mengawasi 7 Kecamatan dan yang bertindak sebagai petugas penyuluh memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat banyak.

Baca Juga :  Pilkades Di Desa Kedungharjo,Kec Widang,Kab.Tuban Berjalan Lancar

b. Di musim kemarau ini kita masih diberikan berkah panen raya jagung dan Tahun 2019 yang merupakan tahun ke tiga dalam program pengembangan kawasan jagung modern serta kita telah mampu melalui berbagai tahapan dengan produksi diatas 10 ton per hektar.

c. Adopsi pertanian jagung modern dengan rekomendasi jarak tanam jajar legowo dengan bibit 25 kg per hektar akan menghasilkan sekitar 13 ton setiap hektarnya.

Pukul 09.20 WIB, Penyerahan bantuan secara simbolis oleh H. Fadeli, SH., MM (Bupati  Lamongan) kepada masyarakat petani Lamongan.

Pukul 09.25 WIB, Sambutan H. Fadeli, SH., MM (Bupati Kab. Lamongan) yang intinya sbb :
a. Di tahun ke 3 ini target saya seluruh wilayah Kab. Lamongan dapat mencapai rata rata 10  ton per hektar dengan varietas hibrida dan proses cara tanam dari petani yang masih menggunakan cara sesuai kebiasaan (cara tradisional) saya harapkan para (petugas penyuluh lapangan) PPL harus turun ke lapangan dan merubah cara tanam petani secara modern agar target yang di harapkan dapat dicapai.

Baca Juga :  Kesempatan Berkarir Di KSP "ARTO BAHARI" Bluluk Lamongan Jawa Timur

b. Dengan keterbatasan lahan kita tetap dapat meningkatkan produktifitas jagung.

c. Saya harapkan petani Lamongan dapat membuat pupuk organik dan akan saya bantu peralatan maupun transportasinya dan jangan bahan pupuk organik teletong (Kotoran Sapi) dijual keluar Lamongan.

d. Kab. Lamongan sudah dapat meningkatkan kawasan jagung modern dan petani dengan adanya produksi jagung yang meningkat secara otomatis kesejahteraan masyarakat juga akan ikut meningkat.

Pukul 09.45 WIB, Penyampaian Prof Kholil (Pembimbing Pertanian Jagung Kab. Lamongan) yang intinya sbb :
a. Di Kawasan Kec Paciran ini telah mencapai target 80% baik penggunaan bibit maupun cara tanam secara modern.

b. Dalam penggunaan pupuk, para petani ingin memanfaatkan kotoran ternaknya dan dengan adanya paket pupuk dari pemerintah yang berupa pupuk non organik bersubsidi sehingga petani membeli pupuk secara paket dengan biaya pembelian paket tersebut petani tidak dapat menggunakan pupuk organik.

Baca Juga :  Pengumuman Lelang, Desa Mlaten Kec.Puri

c. Kedepan di Kab. Lamongan dengan teknologi modern kita buat kawasan pertanian dan peternakan yang dapat kita jadikan sebagai acuan bagi wilayah yang lain.

Pukul 10.15 WIB, H. Fadeli, SH., MM (Bupati Lamongan) beserta rombongan meninggalkan lokasi panen raya menuju Lamongan.

Pukul 10.20 WIB, Kegiatan selesai selama kegiatan berjalan dengan tertib, lancar dan aman.

Panen raya jagung yang dilaksanakan Pemerintah Daerah Kab. Lamongan merupakan program pengembangan kawasan jagung modern dengan memberikan dukungan berupa bantuan bibit unggul dan peralatan modern serta pembinaan cara tanam secara modern kepada petani jagung di wilayah Kec. Paciran Kab. Lamongan. (ANDIKPRASTYO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *