Desa Songowareng Gelar Sedekah Bumi.

LAMONGAN – tarunanews.com, Minggu (3/06/2019) Warga desa Songowareng Kec.Bluluk Kabupaten Lamongan, menggelar  hajatan rutin  tahunan yang disebut nyadran/sedekah bumi ( Bersih desa).

Masyarakat desa Songowareng tampak antusias dan turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, karena sudah menjadi tradisi dan  mitos yang sudah turun temurun sejak dari nenek moyang dahulu.

Masyarakat desa Songowareng  yang mayoritas berprofesi sebagai petani ini, setiap tahun setelah panen selalu mengadakan acara sedekah bumi sebagai bentuk rasa syukur atas anugrah yang sudah di nikmati termasuk hasil panen tang melimpah dan tidak terserang hama wereng”.tandas salah satu warga setempat yang mengikuti acara sedekah bumi.

Adat budaya yang di lestarikan tersebut merupakan peninggalan kerajaan dahulu termasuk kerajaan Majapahit di daerah Kec.Bluluk Kab.Lamongan tersebut, pelestarian terhadap adat dan budaya masih kuat sekali.

Baca Juga :  Warga Pekuwon Kec.Bangsal Gelar Ruwatan Desa

Dalam pantuan awak media ini, terdengar alunan tembang jawa  langgen tayub di tempat lokasi telaga yang di buat acara sedekah bumi.

Reporter.
(Andik.p.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *